Kandungan Zat Yang Berbahaya Pada Pasta Gigi

Kandungan Zat Yang Berbahaya pada Pasta Gigi apakah benar ? Berbagai promosi dilakukan oleh berbagai merek pasta gigi yang mengatakan bahwa mereka adalah merek terbaik dan nomor satu. Sebagai pengguna cerdas sebaiknya Anda jangan begitu saja tergiur dengan iklan-iklan tersebut sebelum mengetahui betul informasi kandungan zat yang ada pada pasta gigi di pasaran.

Triclosan

Triclosan adalah bahan kimia antibakteri. Iklan pasta gigi mengatakan bahwa zat ini mampu membunuh gingivitis atau gusi bengkak. Triclosan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari malformasi tulang untuk berbagai kanker seperti payudara, ovarium, prostat dan kanker testis.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS adalah jenis surfaktan yang sangat kuat dan umum digunakan dalam produk-produk pembersih noda minyak dan kotoran. SLS banyak ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada produk-produk industri seperti pembersih mesin (engine degreaser), pembersih lantai, dan shampo mobil. Alasan zat ini masih digunakan adalah faktor harga yang murah dibanding zat pembersih lain.

Aspartam (Pemanis buatan)

Aspartam yang digunakan untuk mempermanis hampir semua pasta gigi berasal dari asam aspartat dan fenilalanin. Fenilalanin menerobos masuk ke dalam metanol; Kabar buruknya adalah tubuh kita tidak dapat memecah metanol menjadi bentuk yang tidak berbahaya. Keracunan metanol dapat memiliki efek kesehatan yang fatal pada tubuh.

Fluoride

Apakah Anda tahu bahwa fluoride dalam pasta gigi Anda bisa menjadi alasan utama untuk gigi membusuk? Ya, itu adalah bahan kimia beracun. Fluoride dapat menyebabkan disfungsi neurologis dan endokrin dalam tubuh kita. Anak-anak yang menelan pasta gigi saat menyikat gigi berisiko terkena fluorosis gigi. Fluorosis gigi dapat definisikan sebagai kerusakan enamel secara kualitatif yang merupakan hasil peningkatan konsentrasi fluor di sekitar ameloblast selama pembentukan enamel gigi. Fluorosis gigi dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi tidak putih, akan tetapi pucat dan buram. Pada fluorosis yang lebih berat, selain warnanya lebih gelap, enamel gigi menjadi rapuh. Fluorosis gigi disebut juga dengan mottled enamel.

Propylene Glycol

Propylene glycol adalah jenis minyak mineral dengan gradasi industri. Hal ini digunakan dalam menghilangkan lapisan cat. Hal ini dapat menyebabkan kulit, mata, dan iritasi paru-paru. Propylene glycol bahkan dapat menyebabkan keracunan sistem organ

Diethanolamine (DEA)

DEA ditemukan dalam banyak pasta gigi dapat menyebabkan gangguan hormon. Hal ini dapat bereaksi dengan bahan-bahan lain untuk membentuk NDEA (N-nitrosodiethanolamine). NDEA adalah bahan kimia karsinogenik dan telah dikaitkan dengan kanker perut, kerongkongan, hati, kandung kemih, dll Hal ini juga diketahui telah menyebabkan keracunan sistem organ.

Microbeads

Anda pasti sudah mendengar tentang Microbeads di banyak sabun, pembersih wajah, scrub, dll. Tapi apakah Anda tahu bahwa Microbeads adalah pelet plastik kecil yang sangat berbahaya bagi lingkungan? Microbeads tidak larut dalam air, bahkan pada air di lautan luas.

Lalu, bagaimana dengan Pasta Gigi RADIX?

Pasta Gigi RADIX mengandung herbal : Serbuk Siwak/Miswak, Clove Oil (Minyak Cengkeh), dan Tea Tree Oil. Pasta Gigi RADIX berupaya sedikit mungkin menggunakan bahan-bahan kimiawi dan memperbanyak kandungan bahan-bahan alami.

Pasta Gigi RADIX tidak menggunakan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Bahan ini biasa digunakan pada sabun/deterjen. SLS ini dapat menyebabkan ulser pada orang bermulut kering. Karena tidak menggunakan SLS, Pasta Gigi RADIX tidak menyebabkan efek samping yang merugikan bagi jaringan lunak di dalam rongga mulut, dan tidak menyebabkan iritasi jaringan lunak mulut.

Sebagai pembersih, Pasta Gigi RADIX menggunakan Sodium Lauryl Sarcosinate yang lebih aman, lembut dan sedikit busa. Sehingga, Pasta Gigi RADIX tidak memiliki banyak busa seperti pada pasta gigi yang lain. Sedikitnya busa ini adalah nilai lebih, karena berarti Pasta Gigi RADIX tidak memiliki abrasive yang kuat, namun tetap memiliki daya bersih yang tinggi. Pasta Gigi RADIX ini sangat cocok untuk gigi sensitive, atau mudah ngilu, seperti pasta gigi yang banyak beredar di pasaran.

Pasta Gigi RADIX tidak mengandung Fluoride. Kajian tentang bahaya Fluoride, seperti telah banyak dibahas sebelumnya, dalam jangka panjang bisa menyebabkan korosi gigi.

Satu lagi keistimewaan Pasta Gigi RADIX, kita dapat menyikat gigi dengan cara kering. Caranya, bersihkan sikat gigi dengan air, tuangkan Pasta Gigi RADIX secukupnya di sikat gigi, dan bersikat gigilah tanpa perlu berkumur terlebih dahulu. Sikatlah gigi Anda dengan seksama sekitar 2 (dua) menit lamanya. Terakhir berkumurlah untuk membersihkan mulut Anda.

Pasta Gigi RADIX juga sangat cocok digunakan oleh orang yang memakai kawat gigi (behel). Anda tidak akan bisa menyikat gigi berlama-lama (2 menit) jika menggunakan pasta gigi biasa, karena sangat abrasive. Pasta Gigi RADIX sangat lembut untuk mulut, gusi dan gigi Anda.

Pasta Gigi RADIX adalah pasta gigi premium dengan harga sangat bersaing. Jangan bandingkan Pasta Gigi RADIX dengan pasta gigi seperti Peps*****, Col****, Cipt*****, For**** dan sejenisnya. Kenapa? Karena tidak sejenis. Merek-merek tersebut adalah pasta gigi biasa, dan dari bahan biasa.

Dari bahan-bahannya, Pasta Gigi RADIX sejajar dengan merek seperti Enz**, Senso**** dan He**. Silahkan dicek sendiri. Bagaimana dengan harga? Merek-merek asing itu harganya jauh lebih mahal dibandingkan Pasta Gigi RADIX. Khasiatnya? Insya Allah RADIX lebih baik. Apalagi RADIX produk muslim. Jadi, tidak ada alasan bagi kita semua untuk tidak menggunakan Pasta Gigi RADIX.

Kandungan Zat Yang Berbahaya pada Pasta Gigi – Kandungan Zat Yang Berbahaya pada Pasta Gigi – Kandungan Zat Yang Berbahaya pada Pasta Gigi