Pengobatan dengan herbal atau obat kimia ?

Sehubungan dengan pertanyaan pengobatan dengan herbal atau obat kimia ? , sebenarnya keduanya memiliki kelebihan tersendiri, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun ada baiknya Anda mengetahui perbedaan dari masing-masing metode pengobatan  tersebut :

Dalam memutuskan pengobatan dan obat apa yang akan kita digunakan, obat herbal atau obat kimia, yang harus dipikirkan adalah kebutuhan dan situasi serta kondisi yang sedang dihadapi. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah reaksi dan cara kerja yang berbeda antara kedua obat tersebut.

PERBANDINGAN CARA KERJA HERBAL DAN OBAT KIMIA

  • Herbal bersifat rekonstruksi atau memperbaiki fungsi organ tubuh, sedangkan obat kimia bersifat symtomatis yang hanya untuk mengurangi penderitaannya saja.
  • Herbal diarahkan pada sumber penyebab penyakit dan perbaikan fungsi organ tubuh sedangkan obat kimia lebih diarahkan untuk menghilangkan gejala-gejala penyakitnya saja.
  • Herbal bersifat kuratif artinya benar-benar menyembuhkan karena pengobatannya pada sumber penyakit sedangkan obat kimia bersifat paliatif artinya penyembuhan yang bersifat spekulatif, bila tepat penyakit akan sembuh bila tidak tepat akan menjadi racun yang berbahaya.
  • Reaksi herbal lambat tetapi bersifat konstruktif atau memperbaiki dan membangun kembali fungsi organ tubuh yang rusak sedangkan obat kimia bereaksi cepat namun bersifat destruktif artinya melemahkan organ tubuh lain, terutama jika dipakai terus menerus dalam waktu yang lama.
  • Herbal lebih diutamakan untuk pencegahan penyakit, pemulihan penyakit, dan penyakit komplikasi menahun. . Obat kimia lebih diutamakan untuk penyakit-penyakit yang bersifat akut (butuh pertolongan segera) seperti asma akut,diare akut, dan lain-lain.
  • Efek samping herbal hampir tidak ada, karena terbuat dari bahan alamiah, dan diramu oleh pakar herbalis yang ahli dan berpengalaman sedangkan obat kimia mempunyai efek samping kepada tubuh

Bila seseorang bertanya, manakah yang lebih baik antara obat herbal yang sifatnya tradisional dengan obat kimia yang sifatnya modern, tentunya jawabannya tergantung pada situasi dan kondisi seseorang. Pada kasus darurat seperti perdarahan misalnya, obat kimia lebih baik digunakan karena reaksinya yang lebih cepat dalam mengatasi gejala dan meredam rasa sakit. Dalam kondisi tersebut, jika pasien menginginkan, obat herbal mungkin dapat diberikan tetapi tidak dapat digunakan secara tunggal melainkan dapat dikombinasikan penggunaannya bersama obat kimia lainnya yang diperlukan.

Menurut Dr. Amarullah H Siregar obat-obatan kimia lebih banyak bertujuan untuk mengobati gejala penyakitnya, tetapi tidak menyembuhkan sumbernya. Intinya, obat kimia hanya mampu memperbaiki beberapa sistem tubuh.

PERBEDAAN METODE PENGOBATAN HERBAL DENGAN PENGOBATAN MEDIS

Metode pengobatan medis berdasarkan pada pengetahuan, bukti klinis dan pengkajian ilmiah yang mendalam, sedangkan Metode pengobatan herbal berdasarkan pada kebiasaan turun temurun yang telah ada lebih lama dari pada pengobatan modern dan mereka adalah bagian penting dari sejarah. Harus diingat bahwa setiap kategori perawatan kesehatan memiliki keunggulan masing-masing dan keterbatasan tertentu dan tidak ada satu jenis pengobatan pun memiliki semua jawaban terhadap semua penyakit.

Perbedaan yang paling mendasar antara obat kimia dan herbal terletak pada cara mereka mengobati dan memahami suatu penyakit. Pengobatan medis memandang penyakit hanya sebagai suatu  kondisi biologis yang ditandai dengan kelainan pada fungsi atau struktur organ-organ tertentu atau seluruh sistem organ. Sedangkan pengobatan herbal menganggap penyakit lebih dari itu selain biologis mereka juga melibatkan aspek spiritual, psikologis dan sosial tertentu dari orang yang terkena. Ini yang kadang-kadang sering diabaikan oleh pengobatan medis.

METODE PENGOBATAN HERBAL

Pengobatan Herbal adalah metode pengobatan yang digunakan dalam berbagai masyarakat sejak jaman dahulu yang diturunkan dan dikembangkan secara bertahap dari generasi kegenerasi berdasarkan tingkat pemahaman manusia terhadap pengetahuan dari masa ke masa. Praktek yang paling umum dari obat herbal termasuk pengobatan tradisional Afrika, akupuntur, pengobatan tradisional Korea, pengobatan tradisional Cina, pengobatan Islam, obat Siddha dan jamu.

Sebagian wilayah tertentu di dunia, terutama di Afrika dan Asia di mana 80 persen dari penduduk masih mengandalkan pengobatan herbal untuk sebagian besar kebutuhan kesehatan primer mereka. Di Cina juga terdapat banyak rumah sakit tradisional Cina sebagaimana halnya rumah sakit modern Barat. Dari sudut pandang orang Cina, pengobatan tradisional Cina sebanding dengan pengobatan Barat, walaupun kenyataannya banyak orang Cina yang masih menghargai pengobatan trandisional Cina dari pada pengobatan modern.

SEJARAH PENGOBATAN HERBAL

Pada zaman Sumeria kuno pertama kali Obat Herbal dipercaya, peradaban pertama yang dijelaskan menggunakan obat dari berbagai macam tanaman. Mesir Kuno juga merupakan salah satu peradaban besar lain yang banyak mengandalkan obat herbal untuk berbagai keperluan. Budidaya dan penggunaan tumbuh-tumbuhan tertentu bahkan disebutkan dalam Alquran dan  Alkitab. Bukti rekaman pertama dari Ayurveda kembali ke milenium pertama SM sama seperti buku herbal Cina tertua yang ditambah dan  terus diperbaiki sepanjang zaman.

Yunani dan Romawi mempunyai pengaruh yang besar pada Hellenic, Ayurvedic dan obat tradisional spanyol. Mereka juga tulang punggung dari semua pengetahuan ahli botani Muslim dan dokter Islam. kemudian pengobatan tradisional amerika secara langsung dipengaruhi oleh teks-teks tertentu dari Jerman dan Belanda yang dikembangkan selama abad ke-16.

KENAPA ORANG PERCAYA PENGOBATAN HERBAL ?

Pengobatan medis biasanya cenderung mengabaikan aspek-aspek spiritual, sosial dan keyakinan seseorang. Ini semacam ketidakpuasan menyebabkan peningkatan yang signifikan jumlah orang yang masih mengandalkan pengobatan herbal untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Ada sejumlah besar orang yang menderita kekurangan dimensi spiritual dalam kehidupan mereka. Mereka tidak dapat terhubung ke beberapa makna yang lebih besar dan itu adalah salah satu alasan utama mengapa mereka sering mengandalkan pengobatan herbal yang dapat mengurus semua dimensi yang berbeda dari kehidupan mereka.

Orang-orang ini percaya pada fakta bahwa kesehatan dan keseluruhan seseorang tidak hanya mengandalkan pada kesuksesan menghilangkan beberapa penyakit di dalam tubuh manusia. Tetapi peran masing-masing praktisi pengobatan herbal dipengaruhi oleh tiga faktor yang berbeda. Faktor-faktor tersebut meliputi kepercayaan dari masyarakat sekitar, keberhasilan tindakan praktisi serta keyakinan spiritual dan budaya masyarakat itu sendiri.

Disamping itu faktor haram dan halal dalam pembuatan bahan baku herbal dan obat kimia juga menjadi pertimbangan penganut agama Islam dalam memilih jenis pengobatannya. Obat herbal yang berasal dari tumbuhan dan hewan laut diyakini lebih halal dibandingkan dengan obat kimia.

Dari semua perbedaan antara metode pengobatan medis dan pengobatan herbal, namun ada satu persamaan antara keduanya yaitu sama-sama bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang menderita suatu penyakit. Jadi, silakan pilih yang mana Anda suka dan Anda percayai Obat Herbal atau Obat kimia atau mungkin Anda ingin mengkombinasikan keduanya itu semua tergantung pada kepercayaan masing-masing individu. 

* Dari berbagai sumber

Pengobatan dengan herbal atau obat kimia ?  – Pengobatan dengan herbal atau obat kimia ?